Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Me !!

Sabtu, 08 Oktober 2011

Buton Ternyata Diadopsi dari Butun


Masih tentang Pulau Buton yang terletak di Sulawesi Tenggara. Ternyata nama Buton diambil dari kata butun yakni sejenis pohon yang banyak tumbuh disepanjang pesisir pulau ini. Butun atau Barringtoania asiatica adalah nama sejenis pohon yang banyak tumbuh di pesisir pantai, tidak saja terdapat di Pulau Buton, tetapi ditemukan pula banyak tumbuh di pulau-pulau lainnya di Indonesia.
Menurut catatan sejarah, sebutan “butun” untuk pulau ini bermula dari kebiasaan pelaut Sriwijaya, Majapahit, dan kemudian diikuti pelaut suku bangsa di nusantara lainnya. Dimasa perdagangan nusantara, para pelaut ”terpaksa“ transit di pulau ini, baik pada musim angin timur maupun angin barat. Jika kedua musim angin ini tiba, maka para pelaut akan susah menjangkau ataupun keluar dari kepulauan Maluku, karena besarnya gelombang.
Karena faktor alam inilah mau tidak mau, para pelaut nusantara, mengambil tindakan paling aman dengan berlindung sesaat di Pulau Buton. Konon pohon butun-lah yang digunakan para pelaut sebagai tanda yang paling jelas, karena terdapat disepanjang pesisir pantai pulau Buton.
Dari tradisi tutur masyarakat setempat, diketahui bahwa konon beberapa perahu dagang nusantara yang terjebak ganasnya gelombang mencoba menghampiri pesisir guna mencari pelabuhan yang aman. Oleh penduduk setempat yang sedang menangkap ikan, para pelaut nusantara ini kemudian diarahkan menuju pantai yang aman sambil menunjukkan suatu tempat dengan berteriak “butu kaina” yang artinya “mangkal di sini”. Para pelaut nusantara ini tentu tidak mengerti bahasa itu, namun dapat mengambil kesan bahwa teriakan itu memberi petunjuk bahwa di tempat yang mereka tunjuk dan banyak ditumbuhi pohon butun itulah lokasi berlabuh yang aman.
Jadi pelaut nusantara ini mengenal pertanda dari pohon butun yang ada di pantai sesuai dengan arahan para nelayan setempat. Kata “butu” ditangkap sebagai isyarat ungkapan untuk “mangkal” istilah berlabuh sementara (bersambung..)
sumber foto:www.botany.hawaii.edu

Related Post



0 komentar:

Poskan Komentar

Like This

Follow My Blog !!

 

Archives

Label

Visitors

Exit Jangan Lupa Klik Like Ya